Rabu, 19 November 2008

Menjaga Sikap dan Perilaku

Hari ini saya mengajar dan asistensi untuk 3 mata kuliah. Itulah jadwal mengajar dan asistensi saya setiap hari Rabu. Kadang-kadang sangat melelahkan.
Untuk Mata Kuliah Geografi Pariwisata Indonesia, kelompok Propinsi Kalimantan Timur (MBP) berkesempatan untuk presentasi potensi pariwisata di Kaltim.
kami selalu menemukan permasalahan untuk kegiatan presentasi yakni in focus/projector. STPB punya lebih dari 5 buah in focus. Jurusan punya satu in focus yang bisa dibawa ke mana dan satunya lagi yang statis, ada di "bis mogok" (istilah untuk bis simulasi). Kami selalu melakukan presentasi di bis mogok. Akhir-akhir ini in focus yang di bis mogok selalu bermasalah. Kami berusaha untuk menghubungi teknisinya. Jawaban dari Teknis bahwa In focus harus "masuk bengkel dulu". Tentu ini akan sangat mengganggu proses belajar mengajar. Pertanyaannya, apakah kita selalu terbelenggu oleh bantuan teknologi.....?
Ternyata tidak selalu. ....Akhirnya Kelompok Kaltim melakukan presentasi sambil membawa/"menggendong" laptop. Memang sedikit terganggu, tetapi cukup efektif untuk dapat menyampaikan "pesan" kepada pendengar (teman-teman mahasiswa).
Hal yang sama juga dilakukan oleh Mahasiswa MBK. walaupun tanpa in focus, mereka dapat menyampaikan pesan/informasi kepada pendengarnya. Mereka membawa contoh pakaian ada dari Sulsel dan mengintepretasikan secara menarik... Luar biasa....
Jam terakhir kuliah yakni tentang Pengantar Industri Transportasi/Transportasi Udara. Saya sempat "menyentil" beberapa mahasiswa yang kurang disiplin dan menjada perilaku di dalam kelas. Saya membuka pintu lebar-lebar bagi mereka yang merasa bosan untuk mengikuti perkuliahan ini. Kita juga harus menghargai mereka yang benar-benar ingin belajar tentang mata kuliah ini. (Selalu ada buah yang buruk dari sebatang pohon. tinggal bagaimana kita akan apakan buah yang buruk tersebut.....!!! Mereka tetap harus kita bimbing dan arahkan).
Saya menggunakan waktu sepuluh menti terakhir untuk menyentil. Pada saat akhir perkuliahan, salah seorang mahasiswa menghampiri saya dan minta maaf atas "kenakalan"nya. Salut untuk dia.....
Menjaga sikap dan perilaku di setiap saat, kondisi dan situasi memang penting.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar